Selain obat-obatan medis, ada banyak tanaman herbal untuk diabetes yang berkhasiat dan mujarab untuk menurunkan kadar gula darah bahkan juga untuk memperbaiki sel beta pankreas yang rusak. Ini biasa digunakan sebagai alternatif penyembuhan penyakit diabetes mellitus dengan cara menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

tanaman herbal untuk diabetes

Tanaman Herbal Untuk Diabetes

Berikut ini beberapa tanaman herbal untuk diabetes yang paling mujarab yang biasa digunakan penderita penyakit diabetes :

Daun Yakon

Menurut seorang peneliti Dr. Sri Widowati (peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor), Daun Yakon mengandung zat bahkan kaya dengan insulin yang tidak bisa dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat difermentasi oleh usus besar.

tanaman herbal untuk diabetes

Daun yakon/daun insulin terkadang dianggap sama dengan daun paitan, padahal berbeda. Tanaman yakon berbentuk umbi dan air rebusan daun yakon tidak terlalu pahit seperti paitan, tetapi keduanya bisa untuk menyembuhkan diabetes karena bekerja dengan cepat untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Untuk tahu lebih lengkap manfaat daun yakon atau daun insulin bisa dibaca disini.

Brotowali untuk Diabetes

Batang brotowali rasanya sangat pahit tapi menyegarkan.  Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa air ekstrak batang brotowali mempunyai efek hipoglikemik, yaitu bisa menurunkan kadar gula dalam darah yang akan mulai terlihat sekitar 2-3 jam setelah pemberian ekstrak air batang brotowali.

tanaman herbal untuk diabetes_brotowali

Cara Penggunaan Brotowali untuk Diabetes:

  1. Siapkan 6 cm batang brotowali
  2. Cuci sampai bersih lalu dipotong-potong
  3. Tambahkan 1/3 genggam daun sambiloto
  4. Tambahkan 1/3 daun kumis kucing
  5. Rebus semuanya dengan tiga gelas sampai menjadi dua gelas
  6. Air rebusan siap diminum secara teratur setelah makan

Lidah Buaya untuk Diabetes

tanaman herbal untuk diabetes_lidah buaya

Lidah buaya mempunyai  banyak manfaat sebagai obat herbal diantaranya untuk mengatasi penyakit wasir, penghilang noda bekas jerawat, bahan makanan (campuran es dan makanan), anti radang dan bisa juga untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabates.

Cara Penggunaan Lidah Buaya untuk diabetes:

  1. Siapakan 1 lembar lidah buaya
  2. Cuci sampai bersih
  3. Buang durinya kemudian dipotong-potong
  4. Rebus lidah buaya dengan tiga gelas air sampai menjadi satu setengah gelas
  5. Minum 3  × 1,5 gelas setiap habis makan secara teratur

Mahkota Dewa untuk Diabetes

Mahkota Dewa biasa dimanfaatkan untu antiradang, obat disentri dan obat sakit kulit dan eksim. Selain itu Mahkota Dewa juga bisa digunakan sebagai obat herbal penurun kadar gula darah.

tanaman herbal untuk diabetes, mahkota dewa

Cara Penggunaan Mahkota Dewa untuk diabetes:

  1. Siapkan 5-7 iris buah mahkota dewa
  2. Seduh dengan satu gelas air panas (200 cc)
  3. Tutup dan biarkan sebentar sampai terlarut dalam air
  4. Minum secukupnya secara teratur

Buah Mengkudu untuk Diabetes

Buah mengkudu bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi atau hipertensi dan ternyata bisa juga untuk menurunkan kadar gula darah. Mengkudu bisa memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

tanaman herbal untuk diabetes_mengkudu

Cara Penggunaan Buah Mengkudu untuk Diabetes:

  1. Ambil 2 buah mengkudu yang sudang matang
  2. Parut buah tersebut dan tambahkan sedikit air kapur
  3. Aduk sampai merata
  4. Peras dengan sepotong kain
  5. Air mengkudu siap di minum secara teratur

Buah Pare untuk Diabetes

Pare salah satu sayuran yang rasanya pahit. Selain untuk bahan masakan, pare mempunyai manfaat  untuk menurunkan kadar gula dalam darah karena memiliki kandungan zat yang berperan aktif menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.  Juga mengandung charantin dan polypeptide-P di dalam pare merangsang sel beta pankreas untuk mengeluarkan insulin.

Tanaman herbal untuk diabetes Buah-pare

Cara penggunaan pare untuk diabetes:

  1. Ambil 200 gram buah pare segar
  2. Potong-potong buah pare tersebut
  3. Buah tersebut bisa dijus atau direbus
  4. Minum airnya secara teratur

Teh Hijau

Teh Hijau adalah salah satu bahan untuk membuat minuman yang digunakan untuk merawat kecantikan.  Selain itu teh hijau juga bisa menurunkan kadar gula darah sehingga bisa menyembuhkan penyakit diabetes mellitus karena mengandung polifenoyang yang berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

tanaman herbal untuk diabetes_teh hijau

Efek teh hijau terhadap insulin ini pernah diteliti oleh Hiroshi Tsuneki yang diterbitkan dalam jurnal BMC Pharmacology tahun 2004. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur, maka kadar gula yang tinggi dalam tubuh akan turun dan menjadi stabil karena kandungan zat dalam teh hijau bisa memperbaiki fungsi pankreas untuk memproduksi insulin sehingga gula darah yang berlebihan menjadi stabil.

Daun Pletekan atau Ceplikan atau Kencana Ungu untuk Obat Diabetes

tanaman herbal untuk diabetes_daun pletekan

Tanaman ini terbukti secara ilmiah menurunkan gula darah.  Berikut cara penggunaan daun pletekan untuk diabetes:

  1. Siapkan daun pletekan secukupnya
  2. Cuci sampai bersih daun pletekan yang sudah dicabuti dari batangnya
  3. Rebus daun pletekan dengan air sekitar 500 ml sampai mendidih hingga air tersisa setengahnya
  4. Saring air rebusan tadi
  5. Minum air rebusan yang sudah disaring sebanyak 1 gelas setiap pagi dan sore hari secara teratur

VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Diabetes

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi minyak kelapa murni (VCO, bukan minyak kelapa biasa/minyak goreng) dapat membantu penyembuhan diabetes mellitus karena VCO mengandung asam lemak jenuh rantai sedang (medium chain fatty acids atau MCFA) yang tinggi, terutama asam laurat yang kandungannya 43—53{6199d7df119e2fae6a67368cd98373a9cae179b5b405e6f004fc0e56ea32d4b6} dari total asam lemak. MCFA ini memiliki peran ganda yaitu bisa menginduksi sekresi insulin dan memperbaiki fungsi insulin.

Proses ekstraksi VCO berbeda dengan minyak goreng yang biasa kita gunakan sehari-hari, karena VCO diekstraksi dari santan kelapa yang segar dan melewati beberapa proses, yaitu fermentasi, churning (pemisahan secara sentrifugal), pendinginan dan pemberian aksi enzim untuk menghasilkan pemisahan minyak dari air atau pelembap.

Biji Alpukat sebagai Obat Diabetes

Alpukat mempunyai unsur asam lemak tak jenuh seperti pada minyak zaitun. Oleh karena itu Alpukat mampu menurunkan risiko sindrom metabolik termasuk diabetes karena kandungan asam lemaknya. Asam lemak tak jenuh merupakan salah satu komponen penting untuk mengelola kadar gula dalam darah.

tanaman herbal untuk diabetes_alpukat

Cara penggunaan biji alpukat untuk diabates :

  1. Siapkan 1 biji buah alpukat
  2. Lalu panggang di atas api sekitar 5 menit sampai biji alpukat menjadi tidak keras
  3. Potong kecil – kecil biji tersebut
  4. Kemudian rebus biji sampai airnya menjadi berwarna coklat
  5. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut
  6. Minum air rebusan secara teratur

Bawang dayak atau berlian sebagai obat diabetes

Senyawa aktif pada bawang daya yaitu keleutherinoside A berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah.  Bawang dayak sangat dikenal juga sebagai tanaman herbal untuk diabetes dikalangan masyarakat.

tanaman herbal untuk diabetes_bawang dayak

Kayu Manis sebagai Obat Diabetes

Kayu manis bermanfaat untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2 yaitu untuk membantu tubuh merespon insulin sehingga menormalkan kadar gula dalam darah. Oleh karena itu kayu manis dikenal sebagai salah satu tanaman herbal untuk diabetes.

tanaman herbal untuk diabetes_kayu manis

Zat yang terkandung pada kayu manis bisa merangsang reseptor insulin, menghambat enzim yang meng-inaktivasi dan bisa meningkatkan kemampuan sel untuk menggunakan glukosa dengan baik. Mengkonsumsi 1-1/2 sendok teh per hari secara teratur bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Bawang Merah Obat Diabetes

Bawang merah mengandung zat quercetin yang bisa membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Bawang merah juga bisa memperkuat kapiler tipis untuk mencegah retinopati yang menyertai diabetes pada stadium akhir.  Selain itu bawang juga mengandung glukonin yang mampu mengatur penyimpanan gula dalam tubuh.  Pengolahan untuk diabetes bawang bisa dimasak menjadi seperti gel terus di saring dan makan dalam bentuk sup. Bisa juga dengan menambahkan sedikit minyak bawang pada minuman kelabat. Minum di pagi hari secara teratur pada saat perut kosong.

tanaman herbal untuk diabetes_bawang merah

Selain tanaman – tanaman herbal diatas, masih banyak lagi tanaman herbal untuk diabetes lainnya yang bisa dijadikan alternatif sebagai obat herbal penyakit diabetes. Walaupun menggunakan obat herbal secara teratur tetpi masih diperlukan juga menjalani gaya hidup sehat dengan olahraga teratur dan makan makanan sehat.

Tanaman Herbal Untuk Diabetes Paling Mujarab