Pada dasarnya pengobatan atau perawatan untuk penyakit diabetes dimaksudkan untuk mengatur kadar gula darah sehingga bisa mencegah munculnya infeksi dan kondisi yang lebih parah. Banyak cara untuk mengobati diabetes mulai dari obat-obatan medis sampai dengan ramuan tradisional diabetes basah maupun diabetes kering.

Fakta Tentang Pengobatan Diabetes Basah dan Kering

Penyakit diabetes memiliki 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan 2.  Kedua jenis tipe diabetes ini memerlukan perawatan yang berbeda. Tetapi banyak orang belum paham sehingga banyak yang salah ketika memilih pengobatan yang tepat untuk penyakit diabetesnya.

ramuan tradisional diabetes basah

Agar tidak terjadi kesalahan dalam pengobatan, berikut ini ada beberapa fakta mengenai  perawatan atau pengobatan diabetes :

    1. Diabetes tipe 1 atau biasa disebut diabetes kering akan lebih efektif kalau diobati dengan cara menyuntikan insulin ke dalam tubuh. Diabetes tipe 1 ini disebabkan karena tubuh mengalami auto imun yang artinya tubuh tidak mampu menghancurkan sel yang memproduksi insulin.
    2. Diabetes tipe 2 atau biasa disebut diabetes basah lebih efektif kalau diobati dengan cara memperbaiki asupan makanan dan melakukan olahraga secara teratur atau bisa juga dengan ramuan tradisional diabetes basah.
    3. Pengujian kondisi kadar gula dalam darah diperlukan secara teratur untuk mengetahui cara pengobatan diabetes yang tepat dan efektif.

Perawatan Dasar Penyakit Diabetes Basah dan Kering

Ada beberapa cara melakukan perawatan terhadap penyakit diabetes.  Ada yang menggunakan obat-obatan medis ada juga yang menggunakan obat herbal ada juga dengan ramuan tradisional diabetes basah.  Apapun cara yang akan dilakukan pada dasarnya tahapan perawatan mengobati penyakit diabetes adalah sebagi berikut:

1. Mengontrol Asupan Makanan Setiap Saat

Penderita penyakit diabetes baik tipe 1 (diabetes kering)  maupun tipe 2 (diabetes basah) sangat membutuhkan pengaturan makanan yang ketat, dari mulai jenis makanan yang akan dimakan, waktu makan dan porsi makan.  Ini dibutuhkan kepedulian baik dari keluarga juga dari penderita diabetes itu sendiri.  Cara ini bisa mencegah komplikasi dan kondisi yang semakin parah.

2. Mengontrol Obat

Obat penyakit diabetes biasanya adalah dengan menyediakan sejumlah insulin. Cara ini diberikan untuk penderita diabetes tipe 1 atau diabates kering tetapi bisa juga diberikan kepada penderita diabetes basah tergantung anjuran dokter. Tahap ini biasanya membutuhkan biaya yang besar karena harus membeli wejumlah insulin.

3. Mengatur Aktivitas Fisik

Mengatur aktifitas fisik sehari- hari merupakan tahapan yang penting terutama untuk penderita diabetes basah. Diabetes bisa menyebabkan komplikasi beberapa penyakit diantaranya adalah stroke, jantung dan hipertensi. Melakukan olahraga fisik yang ringan secara teratur kira-kira 30 menit setiap hari bisa merupakan salah satu bagian perawatan yang baik.  Ini sangat baik bagi penderita diabetes dengan gangguan obesitas atau kelebihan berat badan.

Baca juga: Khasiat Daun Insulin untuk Penderita Diabetes

Pengobatan Tradisional Diabetes Basah dan Kering

Pengobatan diabetes basah dan kering bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu bisa dengan pengobatan secara tradisional, herbal dan alternatif. Hasil dari masing-masing cara pengobatan ini tergantung dari masing-masing penderita diabetes itu sendiri.

Pengobatan tradisional ini dilakukan dengan cara mengatur gaya hidup sehat dan mengkonsumsi obat herbal.  Berikut ini adalah cara pengobatan yang biasa dilakukan penderita diabetes:

1. Akupuntur

Akupuntur adalah pengobatan yang awalnya dilakukan di negeri China.  Ini dilakukan dengan cara menusuk jarum kecil ke titik tertentu sehingga bisa mengurangi rasa sakit pada penderita diabetes. Pengobatan alternatif akupuntur ini bisa mengatasi keluhan syaraf dan mengurangi kadar gula darah dalam darah yang biasanya sering terjadi pada penderita diabetes.

2. Ramuan Ginseng

Ginseng yag sudah diolah mampu mengurangi kadar gula dalam darah karena mengandung beberapa jenis senyawa yang membantu menurunkan kadar gula sehingga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

3. Makanan yang Mengandung Magnesium

Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa kekurangan magnesium bisa menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah karena mengganggu produksi zat insulin pada pankeras. Untuk mengatasinya bisa melakukan diet makanan yang mengandung banyak magnesium.  Bahan yang bnayak mengandung magnesium diantaranya adalah semua jenis sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian. Ini sangat cocok untuk diabates basah atau tipe 2.

Ramuan Tradisional Diabetes Basah atau Tipe 2

Ramuan tradisional diabetes basah bisa untuk menurunkan kadar gula dalam darah.  Banyak jenis ramuan tradisional yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi kenaikan kadar gula dalam darah.  Berikut ini adalah beberapa jenis ramuan tradisional diabetes basah:

1. Ramuan Jeli Lidah Buaya

Jeli lidah buaya bisa didapatkan dari bagian tengah lidah buaya yang seperti jeli. Mengkonsumsi ramuan jeli lidah buaya sangat cocok untuk penderita diabetes basah karena mengandung senyawa aktif yang bisa menurunkan lemak sehingga bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Selain untuk obat diabetes, jeli lidah buaya bisa untuk menyembuhkan bisul atau luka pada penderita diabetes karena mengandung senyawa lektin, antrakuinon dan manans yang sangat baik untuk menyembuhkan diabetes.

2. Ramuan Jahe

Jahe bisa menjadi obat diabetes basah, yaitu dengan mengambil rimpang jahe lalu dihancurkan sehingga akan mengeluarkan zat khusus ketika jahe direbus.  Ramuan jahe juga bisa mengontrol kadar gula dalam darah dengan cara meningkatkan penyerapan gula dalam darah ke bagian otot sehingga tidak membutuhkan zat insulin yang banyak.

Bahan Makanan untuk Diabates Basah

Salah satu cara pengobatan diabetes basah atau tipe 2 yaitu dengan mengatur jumlah asupan makanan. Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Kembang Kol, Kale, Brokoli

Jenis sayuran seperti kembang kol, kale dan brokoli efektif untuk penderita diabetes karena mengandung senyawa sulforaphane yang berfungsi sebagai anti peradangan. Selain itu, senyawa tersebut bisa melindungi pembuluh darah sehingga bisa terhindar dari serangan jantung dan melindungi tubuh dari sel kanker.

2. Buah Blueberry

Khasiat buah blueberry sangat bagus untuk mengatasi diabetes karena kaya serat yang bisa mengontrol lemak dalam darah.  Selain itu, ekstrak bluberry bisa mengontrol hormon adiponekti yang berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon bagus untuk penderita diabetes karena mengandung protein yang sangat tinggi. Ikan salmon juga bisa mengatasi masalah peradangan, stroke dan penyakit jantung.  Cara mengolah ikan salom yang baik adalah dengan dipanggang atau di kukus.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa mengurangi resiko diabetes basah karena tidak mengandung lemak jenuh sehingga bisa membuat efek kenyang dalam waktu lama.

Ramuan Tradisional Diabetes Basah dan Kering