Daun Sirsak ternyata mempunyai banyak manfaat bagi manusia.   Salah satunya adalah manfaat daun sirsak untuk diabetes yaitu bisa dijadikan obat bagi penderita diabetes kering, diabetes melitus dan kencing manis.  Daun dari tanaman annona muricata ini sangat bagus  khasiatnya dan bahkan dijadikan sebagai salah satu obat herbal alternatif untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

manfaat daun sirsak untuk diabetes

Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes, Mengapa?

Adanya penelitian yang dilakukan oleh Prof. Adeyemi (Ahli Biokimia Organik dari Nigeria) membuktikan ketika diadakan percobaan pada mencit yang mengalami sakit diabetes berat (karena suntikan streptozotocin / obat penyebab diabetes) setelah diberi ekstrak daun sirsak sebanyak 100 mg/kg berat badan selama 2 minggu secara teratur akhirnya mengalami penurunan kadar gula dalam darah.

Penurunan yang terjadi sangat drastis, sebanyak 400 persen penurunannya yaitu dari 21.64 mmol/L menjadi 4.22 mmol/L.  Selain penurunan kadar gula dalam darah, ekstrak daun sirsak juga bisa menjadi antioksidan dan melindungi sel sel Beta pankreas (sel sel pada pankreas yang berfungsi menghasilkan insulin).

Hal ini juga dibuktikan oleh para peneliti di Kamerun. Terbukti bahwa ekstrak daun sirsak pada kadar 150 dan 300 mg/kg selama 14 hari bisa menurunkan kadar gula dalam darah dan bisa meregenerasi sel sel pankreas B.

Dari penelitian di atas, didapat bahwa ekstrak daun sirsak sangat berpotensi untuk menyembuhkan diabetes tipe 1 dan tipe 2 sehingga terbukti adanya manfaat daun sirsak untuk diabetes.

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Diabetes

Berikut ini cara mengolah daun sirsak yang dijadikan ramuan herbal untuk penderita diabetes kering atau basah, diabetes melitus ataupun kencing manis.

manfaat daun sirsak untuk diabetes

Rebusan Daun Sirsak untuk Obat Diabetes

  1. Siapkan 20 lembar daun sirsak yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda
  2. Siapkan 5 gelas air putih lalu masak air tersebut hingga mendidih
  3. Masukkan daun sirsak tersebut  dengan nyala api rendah agar suhu air tidak merusak senyawa penting dari daun sirsak yang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit diabetes
  4. Masak selama 15 menit
  5. Rebusan daun sirsak sudah bisa digunakan untuk 1 hari. 1 gelas sebelum makan pagi, 1 gelas rebusan daun sirsak sebelum makan siang dan 1 gelas lagi sebelum makan malam.
  6. Ulangi langkah di atas sampai kira-kira selama 2 minggu lebih. Apabila terjadi penurunan kadar gula maka lanjutkan hingga kadar gula normal kembali (atau tidak lagi diabetes). Jika masih mengonsumsi terus, dosis harus kurangi dosis menjadi 10 daun sirsak saja.

Resep Teh Daun Sirsak Untuk Diabetes

  1. Keringkan daun sirsak, pilih yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda
  2. Keringkan di bawah terik matahari dengan menutupinya dengan kertas koran di atasnya dan di bawah (sebagai alas) agar sinar UV tidak merusak bahan kimia yang terkandung dalam daun sirsak yang berfungsi untuk  mengobati diabetes.
  3. Jemur sampai daunnya bisa dipatahkan dengan mudah (tetapi tidak boleh terlalu kering). Biasanya waktu yang dibutuhkan sampai daun kering sekitar 3 hari saja.
  4. Blender daun sirsak tersebut lalu ditumbuk sampai halus. Masukkan bubuk sirsak ke dalam toples.
  5. Untuk membuat tehnya, masak dulu airnya sampai  mendidih
  6. Masukkan bubuk daun sirsak yang telah dibuat sebelumnya.
  7. Teh siap diminum. Untuk  3 kali minum sehari, masukkan 3 sendok makan bubuk daun sirsak.
  8. Minum terus secara teratur selama 2 minggu
  9. Periksa kadar gula darah apakah ada perubahan atau tidak.  Jika terjadi penurunan kadar gula, lanjutkan hingga kadar gula normal. Kurangi dosis jika kadar gula sudah normal menjadi 1-1/2 sendok makan saja.

Salah satu cara yang sedang banyak diminati banyak orang saat ini adalah menyembuhkan penyakit diabetes dengan obat herbal. Anda bisa membaca manfaat daun insulin atau teh daun yakon disini untuk pengobatan diabetes.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes, Ini Khasiatnya !