Penderita diabetes tidak boleh mengabaikan luka sekecil apapun terutama pada bagian kaki.  Luka pada kaki sangat sulit disembuhkan.  Itulah kenapa penderita diabetes harus berhati-hati  dalam beraktifitas sehari-hari misalnya pada saat menggunakan sepatu agar tidak lecet dan menimbulkan luka basah.  Penderita yang sudah mengalami luka basah seperti ini akibat komplikasi harus mencari cara mengobati luka diabetes secara efektif.

Penderita diabetes juga harus menghindari pekerjaan-pekerjaan berat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari terjadinya luka.  Luka diabetes dapat menyebabkan gangren yang sangat berbahaya karena bisa menyebar dan menyebabkan tubuh terinfeksi.

cara mengobati luka diabetes

Mengapa Luka Diabetes Sulit Sembuh ?

Penyebab utama luka diabetes sulit sembuh adalah karena kadar gula darah yang tidak terkontrol.  Hal ini bisa menyebabkan komplikasi dengan penyakit lain sehingga kondisi akan semakin parah.  Luka diabetes biasanya terjadi apabila penderita diabetes melitus mengalami hal-hal berikut ini:

Neurophaty
Neuropathy adalah kondisi dimana jaringan saraf mengalami berbagai kerusakan. Hal ini biasanya awal dari terjadinya luka di kaki. Gejala – gejalanya antara lain: berkurangnya kemampuan sistem sensori, otonomik dan motorik.  Misalnya kaki tidak merasakan sakit ketika tertusuk sesuatu atau menginjak sesuatu yang panas. Itu juga yang menyebabkan  penderita diabetes tidak merasakan sakit atau perih ketika lukanya dibasuh dengan cairan kimia.

Vasculopathy
Kondisi dimana sistem peredaran darah tidak lancar sehingga  distribusi oksigen ke seluruh anggota tubuh terutama kaki menjadi terhambat. Begitu juga dengan penyebaran nutrisi dan mineral menjadi terhambat juga.

Immunopathy
Immunopathy secara medis artinya menurunnya kekebalan tubuh sehingga bisa menyebabkan penderita diabetes melitus mudah terserang berbagai penyakit lainnya.

Luka diabetes yang tidak sembuh-sembuh akan mengakibatkan kebusukan dan bau sangat menyengat.

Cara Merawat Luka Diabetes Pada Bagian Kaki

Ikuti langkah-langkah berikut untuk merawat luka diabetes pada kaki agar tidak semakin parah:

  1. Cuci pada bagian luka di kaki dengan air hangat dan sabun antiseptik termasuk bagian kaki lainnya
  2. Lalu keringkan luka dan kaki dengan kain lembut secara perlahan hingga kering. Perhatikan bagian sela-sela jari kaki agar tidak terlewatkan.  Kelembaban pada kaki bisa memicu timbulnya infeksi jamur dan bakteri lainnya.
  3. Oleskan pelembab untuk mencegah kekeringan pada kaki, tetapi pada bagian sela-sela jari kaki tidak perlu diolesi pelembab.
  4. Jangan merendam kaki karena bisa menimbulkan kelebaban yang berlebihan.

Cara Mengobati Luka Diabetes dengan Buah Mengkudu

Buah mengkudu banyak mengandung proxeroni yaitu zat yang bisa membentuk alkaloid yang fungsinya untuk membuka pori pori sel sehingga nutrisi akan mudah menyerap masuk ke dalam tubuh.  Fungsi inilah yang membuat mengkudu bisa dijadikan obat diabetes.  Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Cuci 1 Buah Mengkudu samapai bersih
  2. Mengkudu diblender lalu peras airnya
  3. Masukkan air atau ekstrak mengkudu ke dalam sebuah gelas
  4. Ekstrak Mengkudu siap diminum.  Jika tidak tahan dengan rasa dan baunya, bisa juga ditambahkan sedikit madu

Cara Mengobati Luka Diabetes dengan Buncis

Buncis bisa menjadi salah satu obat herbal diabetes kering yang efektif. Hal ini karena buncis mengandung B-sitosterol yang bisa mempercepat produksi insulin di dalam tubuh.  Buncis bisa mengurangi gula darah jika Kita olah dengan benar.  Berikut cara-cara membuat obat diabetes alami dari Buncis :

  1. Siapkan 1/2 Kg buncis yang sudah dicuci bersih
  2. Buncis di rebus dengan 2 gelas air
  3. Setelah mendidih angkat buncis lalu masukkan ke dalam gelas.
  4. Minum ramuan ini pada pagi dan malam hari sebelum tidur.
  5. Jika tidak mau repot, bisa juga memakannya secara mentah atau jadikan buncis sebagai jus, tetapi jangan ditambah gula.

Cara Mengobati Luka Diabetes dengan Kunyit

Kunyit banyak dan mudah ditemukan di sekitar kita. Kunyit mampu menjadi obat diabetes alami yang paling mudah digunakan sebagai obat alternatif. Berikut cara menggunakan kunyit sebagai obat diabetes:

  1. Ambil 1 rimpang kunyit lalu tambahkan dengan setengah sendok garam.
  2. Rebus kunyit dalam satu liter air hingga air mendidih.
  3. Saring air rebusan kunyit tersebut dan biarkan hingga dingin.
  4. Minum air rebusan kunyit tersebut cukup setengah gelas saja secara teratur 2 kali dalam seminggu.

Cara Mengobati Luka Diabetes dengan Teh Daun Yakon

Salah satu cara yang sedang banyak diminati banyak orang saat ini adalah cara mengatasi penyakit diabetes dengan obat herbal.  Anda bisa membaca manfaat daun insulin atau teh daun yakon disini untuk pengobatan diabetes.

Cara Mengobati Luka Diabetes Secara Alami dan Efektif