Luka pada penderita diabetes adalah suatu komplikasi karena kadar gula darah yang tinggi sehingga merusak aliran darah dan berkurangnya sensitifitas syaraf-syaraf terhadap nyeri.  Seringkali terjadinya luka baru disadari oleh penderita diabetes ketika luka sudah mengeluarkan cairan atau nanah dan terjadi infeksi.  Agar luka tidak semakin parah maka penderita harus mengetahui cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes.

Luka diabetes bersifat sulit sembuh, kadang luka terlihat kering berwarna hitam atau kuning seperti luka yang akan sembuh padahal dibawah kulit luka masih basah dan seringkali sudah terdapat goa (terowongan) di bagian bawah kulit. Ketidaktahuan penderita diabates dalam perawatan luka bisa memperparah kondisi luka, apalagi penderita diabetes malas untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan atau dokter.

cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes

 

Penyebab Luka Diabetes

Penyebab luka diabetes atau ulkus diabetes adalah karena gangguan produksi dan fungsi insulin. Kedua penyebab itulah yang memicu meningkatnya kadar gula dalam darah yang efeknya tentu tidak baik bagi pembuluh darah.  Gula dalam aliran darah tersebut akan menyumbat pembuluh darah sehingga secara otomatis tekanan darah akan meningkat dan berdampak buruk terhadap beberapa organ vital seperti jantung, ginjal dan juga saraf.

Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes

Penderita diabetes yang mengalami luka bernanah atau infeksi harus ditangani secara cepat dan tepat.  Langkah – langkah berikut adalah cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes:

  1. Cuci luka dengan air mengalir untuk membersihkan dari kotoran.  Jangan gunakan sabun, hidrogen peroksida dan yodium karena bisa menyebabkan iritasi pada luka dan kulit.
  2. Gunakan salep antibiotik untuk menghindari infeksi lalu tutup luka dengan plester atau perban yang steril untuk menghindari kotoran dan bakteri. Gantilah perban setiap hari secara teratur.
  3. Periksa luka setiap hari dan perhatikan kondisinya, apakah semakin membaik atau semakin parah.  Jika semakin parah langsung konsultasikan dengan dokter.
  4. Hindari luka dari gesekan agar kondisinya tidak semakin parah.

Kaki dan pergelangan kaki sangat rentan terhadap luka diabetes.  Kondisi luka yang parah bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang yang pada akhirnya bisa menyebakan angota tubuh harus amputasi.  Itulah kenapa sangat penting untuk tahu cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes sebelum menjadi masalah yang serius.

Cara Mencegah Luka Diabetes

Cara paling baik untuk menghindari luka diabetes adalah dengan mencegah luka pertama.  Hal – hal berikut yang peru diperjatikan agar tidak terjadi luka yang pertama :

  1. Periksa kaki setiap hari. Cari apakah ada lecet, kapalan, gesekan, atau kulit memerah pada kulit kaki. Ini penting untuk menghindari diabetes pada kaki.
  2. Perhatikan semua bagian kulit termasuk di sekitar kuku.
  3. Lembabkan kulit kaki dengan pelembab untuk menjaga kulit agar tetap lembut. Tetapi jangan gunakan lotion diantara jari-jari kaki karena bisa menyebabkan tumbuhnya jamur.
  4. Gunakan sepatu yang nyaman untuk menghindari terjadinya lecet.
  5. Periksa sepatu setiap hari untuk memastikan sepatu selalu bersih dari kotoran atau benda lain di dalamnya.
  6. Gunakan kaos kaki yang tepat untuk menghindari lecet pada kaki.
  7. Selalu cuci kaki agar selalu bersih lalu keringkan kaki termasuk di antara jari kaki.
  8. Periksa kuku secara teratur agar tidak mengakibatkan lecet pada kulit.

Langkah – langkah di atas perlu dilakukan untuk mencegah dan cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes agar luka tidak semakin parah kondisinya.  Salah satu cara yang sedang banyak diminati banyak orang saat ini adalah dengan obat herbal. Anda bisa membaca khasiat teh daun yakon disini sebagai alternatif pengobatan diabetes.

Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes