Penyakit Diabetes atau biasa dikenal dengan penyakit kencing manis (penyakit gula) merupakan salah satu  penyakit yang harus ditangani secara serius, karena jika dibiarkan akan bertambah parah dan bisa menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya bagi penderitanya.  Oleh karena itu banyak orang berusaha untuk tahu cara mencegah penyakit kencing manis.

Proses Terjadinya Penyakit Diabetes

Berawal dari asupan makanan yang mengandung glukosa yang Kita makan akan diubah menjadi glukosa. Glukosa merupakan salah satu bentuk gula dalam darah yang memiliki manfaat sebagai sumber bahan bakar utama bagi tubuh. Sel-sel tubuh Kita akan menggunakan glukosa sebagai sumber energi dan pertumbuhan.

Glukosa yang ada tidak dapat masuk ke sel tubuh begitu saja tanpa adanya zat insulin. Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Insulin ini berguna untuk  membersihkan glukosa dari darah kemudian membantu glukosa agar dapat memasuki sel-sel tubuh manusia seperti otot, hati dan jaringan lemak.

Jika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung glukosa, maka kadar glukosa darah akan meningkat dan akan memicu pankreas mengeluarkan insulin dalam jumlah yang cukup kemudian Insulin juga akan menurunkan tingkat glukosa darah secara perlahan.

Oleh karena itu penting untuk menjaga insulin agar tetap bisa berfungsi dengan baik karena insulin akan mempengaruhi tingkat kadar glukosa dalam tubuh.  Jika kadar glukosa terlalu rendah atau terlalu tinggi maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Orang dengan kadar glukosa yang tinggi akan menderita diabetes atau disebut dengan hyperglycemia.  Kadar glukosa yang tinggi disebabkan karena tubuh tidak cukup memproduksi insulin sehingga banyak glukosa yang terkonsentrasi di dalam darah.  Kelebihan glukosa dalam darah tersebut akan dikeluarkan dari tubuh melalui air seni.

Cara mencegah penyakit kencing manis

Gejala-Gejala Diabetes

Sebelum orang menderita diabetes, akan ada gejala-gejala yang timbul yang harus Kita ketahui agar tetap waspada terhadap penyakit ini.  Gejala ini sering kali tidak terdiagnosa karena gejala diabetes tidak berbahaya bahkan terlihat normal.

Berikut ini gejala-gejala diabetes yang sering terjadi :

1. Sering buang air kecil terutama pada malam hari
2. Merasa haus yang terlalu berlebihan
3. Rasa Lapar yang terlalu berlebihan
4. Berat badan turun secara drastis  atau tidak normal
5. Tubuh sering terasa lemah dan lesu
6. Penglihatan mata terasa buram

Jika gejala-gejala di atas timbul sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar dapat ditangani secara dini sehingga diabetes dapat di kontrol dan tidak bertambah parah dan menimbulkan komplikasi penyakit lain.

Cara Mencegah Penyakit Kencing Manis

Penyakit diabetes atau kencing manis tidak dapat sembuh total tetapi bisa dikontrol dan dikendalikan agar tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi.  Oleh karena itu Kita harus tahu cara mencegah penyakit kencing manis.  Dibawah ini hal-hal atau cara untuk mencegah penyakit kencing manis :

  1. Melakukan aktifitas olahraga secara teratur minimal 2x seminggu.  Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja dan rutin
  2. Hindari makan dengan porsi berlebihan dan makanan berlemak.  Hindari juga konsumsi minuman yang manis.  sangat baik untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan disertai dengan minum air putih.
  3. Kelola stress, karena stress bisa memicu terjadinya diabetes.
  4. Selalu menjaga berat badan agar tetap proporsional
  5. Tidur secara teratur

Uraian mengenai cara mencegah penyakit kencing manis di atas bisa menghindari dari penyakit diabetes. Anda bisa juga mencari manfaat dari daun yakon insulin sebagai alternatif untuk mengendalikan penyakit kencing manis.

Cara Mencegah Penyakit Kencing Manis atau Diabetes