Bagaimana pun juga, setiap pengobatan medis dari suatu penyakit pasti ada efek sampingnya termasuk pengobatan untuk penyembuhan diabetes.  Saat ini penyakit diabetes sudah menjadi perhatian banyak pihak karena merupakan salah satu penyakit yang sangat sulit disembuhkan karena kadar gula darah pada penderita diabetes yang sangat tinggi. Banyak penderita diabetes melakukan pengobatan dengan suntik insulin. Lalu, apakah suntik insulin membuat ketergantungan ?  Silahkan baca penjelasannya ditulisan berikut.

Kadar gula darah dihasilkan dari makanan yang Kita konsumsi sehari-hari, misalnya nasi yang selain mengandung kalori, juga mengandung karbohidrat dan gula. Kadar gula dalam tubuh sangat bermanfaat sebagai salah satu sumber energi, yang dikendalikan oleh zat insulin dan diubah menjadi sumber energi.

apakah suntik insulin membuat ketergantungan

Zat insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh organ pankreas.  Jika terjadi kerusakan pankreas maka hormon insulin sangat sedikit yang dihasilkan dan sebagai akibatnya kadar gula dalam tubuh sulit dikendalikan sehingga terjadilah yang namanya penyakit diabetes.  Dalam kasus seperti ini, pengobatan medis yang dilakukan adalah dengan memberikan suntik insulin ke dalam tubuh. Suntik insulin ini tentu saja bertujuan untuk menginjeksi insulin agar bisa mengendalikan kadar gula darah.  Tetapi  suntik insulin ini harus diberikan secara terus menerus seumur hidupnya.

Baca juga: Ramuan Tradisional Diabetes Basah dan Kering

Pengobatan penyakit diabetes memang identik dengan suntik insulin. Namun menurut beberapa dokter ahli, mengatur pola makan dan menjalani gaya hidup sehat bisa menghindarkan ketergantungan pada suntikan insulin. Tentu saja dengan syarat fungsi pankreas masih bagus dan kadar gula darah pun harus dijaga stabil.

Apakah Suntik Insulin Membuat Ketergantungan ?

Apakah suntik insulin membuat ketergantungan ? Pengobatan medis diabetes dengan suntik insulin mempunyai efek samping yang berbahaya termasuk ketergantungan terhadap penggunanya.  Beberapa efek samping pengobatan suntik insulin diantaranya adalah :

  1. Suntik insulin bisa menurunkan kadar gula darah turun drastis tetapi suntik insulin tidak bisa menurunkan kadar gula darah ke kadar yang normal.
  2. Pengobatan dengan melakukan suntik insulin akan membuat ketergantungan sehingga harus terus menerus melakukan suntik insulin seumur hidup.
  3. Kadar gula darah yang turun drastis karena suntik insulin bisa menyebabkan penderita mudah lelah, lemas, bahkan sering pingsan akibat dari kadar gula yang rendah.
  4. Metabolisme tubuh akan menurun sehingga bisa menyebabkan kejang.
  5. Bisa terjadi hipoglikemia atau penurunan tekanan gula darah yang disebabkan terlalu banyaknya zat insulin buatan di dalam tubuh
  6. Ada sebagian penderita diabetes yang merasakan kulit gatal-gatal, alergi  dan timbul pembengkakan kulit yang berwarna merah darah di beberapa bagian tubuh.
  7. Sering merasa mual, pusing, sakit kepala bahkan muntah.
  8. Merasakan haus berlebihan, selalu merasa lapar, sering buang air kecil, banyak berkeringat, dan nafas cepat.

Bisa dikatakan pengobatan medis diabetes menggunakan suntik insulin tidak 100{6199d7df119e2fae6a67368cd98373a9cae179b5b405e6f004fc0e56ea32d4b6} aman dan sebenarnya cara terbaik untuk mengatasi penyakit diabetes adalah dengan pengobatan alternatif dan menjalani pola hidup sehat. Bahkan beberapa Dokter ahli diabetes pun sangat menyarankan hal itu.

Baca juga: Khasiat Daun Insulin untuk Penderita Diabetes

Pada kondisi diabetes yag parah, penyakit ini bisa menimbulkan banyak komplikasi seperti stroke, gangguan ereksi, gangguan penglihatan, luka pada kaki dan gagal ginjal.  Oleh karena itu perlu penanganan serius dan tekun.

Pengobatan Diabetes Tanpa Suntik Insulin

Di lihat dari efek bahaya yang bisa terjadi akibat suntik insulin, maka saat ini banyak pengobatan alternatif yang ditawarkan diantaranya adalah dengan teh daun yakon atau teh daun insulin yang secara ilmiah bisa digunakan untuk menyebuhkan penyakit diabetes tanpa efek samping. Untuk lengkapnya bisa di baca di sini.

Pengobatan alternatif dengan teh daun yakon atau kapsul ekstrak daun yakon terbukti ampuh menurunkan kadar gula darah secara alami dan tentunya tanpa harus melakukan suntik insulin.  Karena terbuat dari bahan-bahan alami, maka sangat aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk tubuh.

Apakah Suntik Insulin Membuat Ketergantungan ? Ini Efek Samping Bahayanya !